English Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 13 Juni 2011

Beda SI sama TI

Udin : dul gue mau kuliah nih enak nye ngambil ape ye?
Adul : et dah yang enak mah bayar din bukan ngambil tar di tangkep polisi luh.
Udin : syet dah ya' maksudnya gw mau yang jurusan ada komputer komputernya gtu? klo ga salah sistem informasi apa teknik informatika gtu, bedanya apa sih?
Adul : oh entuh,, same aje din same - same melototin komputer kerjanye, emang lu kapan mau daftar kuliahnye??
Udin : nanti si 5 tahun lagi, abiz gw mau kawin dulu ama si neneng' he.
Adul : waduh!!!!!

Ehm,, memang bener ya klo sistem informasi yang biasa dipanggil SI itu sama dengan TI yang biasa dikenal Teknik Informatika yang keduanya berasal dari turunan fakultas Ilmu Komputer, terus kalau berbeda apa saja si yang membedakan. Dari pada bingung mending kita langsung simak berikut ini.


Di Indonesia sendiri ada tiga jurusan yang mempelajari kurikulum tentang komputer, yaitu :

1. Computer Science untuk jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer yang akrab di sapa TI.

2. Computer Engineering untuk jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer bahkan dalam jurusan teknik elektro kita bisa mendapatkan program studi CE.

3. Information System untuk Sistem Informasi bnyak orang mengatakan sebagai SI.

Terkadang banyak orang yang bingung membedakan jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi dan banyak juga orang –orang yang beranggapan bahwa kedua jurusan ini sama. Padahal jelas-jelas kedua jurusan ini memiliki perbedaan.

Penjabarannya sebagai berikut:

Information Systems (Sistem Informasi)
Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada saat ini, sehingga suatu bisnis akan dapat dengan efektif mencapai tujuannya dengan menerapkan IT dalam bisnis. Atau dalam bahasan yang lebih rileks SI biasa berkutat pada softwere dari suatu komputer yang dapat menunjang dari suatu kegiatan bisnis maupun organisasi.

Sehingga para lulusannya diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam dunia softwere,, mudah mudahan saja suatu saat nanti ada seorang lulusan SI yang dapat menciptakan softwere untuk melacak keberadaan para koruptor yang mungkin singgah di negeri tetangga. he'

Computer Science (Teknik informatika)
Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana mengembangkan computer vision, robotica, intelligence system, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer di masa yang akan datang. Kebalikan dari SI, TI merupakan program studi yang banyak mempelajari tentang hardwere untuk mendukung kegiatan SI.

Jelas kedua jurusan ini sangat berbeda dimana SI mempelajari tentang management IT dan TI mempelajari tentang pengembangan komputer. Tapi yang jelas setiap jurusan memiliki batasan ruang keahlian.

Nah,,
Dengan ini setidaknya ada gambaran sedikit bagi orang-orang terutama para calon mahasiswa baru yang akan mengambil jurusan kuliah mengenai teknologi informasi. Semoga dapat dijadikan panduan.

Dari berbagai sumber

Jakarta, 14 Juni 2011.

0 komentar:

Posting Komentar